7 fakta negara Rusia yang saya temukan selama tinggal di Rusia

sudah dua minggu berlalu tak terasa, bagi saya pribadi tinggal di negara Rusia merupakan hal yang menyenangkan karena saya bisa menikmati bangun eropa khas Rusia setiap hari sampai lupa diri kalo saya orang yang berasal dari Indonesia. setiap negara mempunyai fakta unik dan berbeda-beda dan pastinya menarik karena tidak ada di Indonesia, ini dia fakta menarik tentang Rusia yang selama ini saya temukan ketika tinggal di Rusia.

Jalan kaki serupa sprint

inilah yang membuat prestasi olah raga kita terseok seok dikancah internasional, selain mafia nya yang meraja rela dan gila, mayoritas penduduk Indonesia pun tak kalah gila kemanapun kita pasti menggunakan kendaraan entah itu sepedah, mobil, motor atau motor di dalam mobil yang diderek sama sepedah baik untuk jarak dekat atau jarak 10cm. nah di Rusia sendiri mayoritas masyarakat nya lebih sering berjalan kaki, hal ini dikarenakan harga kendaraan pribadi khusus nya mobil sangatlah mahal belum lagi pajak tahunan nya begitupun dengan motor sama mahalnya, jadi sebagian dari masyarakat Rusia lebih memilih untuk menggunakan kendaraan umum ketimbang membeli kendaraan pribadi. kembali lagi ke jalan kaki, selain gemar berjalan kaki orang Rusia pun cara berjalan kaki nya beda dengan orang Indonesia, mereka melangkahkan kaki dengan cepat kalo diartikan mirip sprint lah apalagi kalo di Moscow kota paling sibuk di Rusia ini masyarakat nya ahay gila deh jalan kaki nya kalo ibarat tamiya mereka tuh 2WD yang dinamo nya dililit ulang. dari fakta tersebutlah saya menemukan temuan kenapa olahraga kita prestasi nya bobrok karena khusus nya orang Rusia gemar berjalan kaki dan pada cepat sedangkan kita gemar naik kendaraan ya wajarlah kalo fisik nya emang beda jauh dan sulit berprestasi di kancah olah raga internasional.

Gak ada orang gila di jalanan

selama saya tinggal di Rusia khusus nya di Irkutsk, Moscow dan Tomsk tidak ada satupun orang gila yang saya temukan dijalanan mau yang berpakaian rapih, yang ngamuk, nyaris bugil, kucel ataupun kucel nyaris bugil sambil ngamuk dengan berpakaian rapih, akan tetapi untuk homelles saya temukan ketika di lapangan merah Moscow dengan pakaian kucel y
dan mengikuti saya dari belakang nyaris mencopet saya, untunglah saat itu saya segera masuk ke Mc Donald dan dari sana lah saya benar-benar 'I'am lovin it' pada Mc Donald. kalo kata istri saya disini jika ada anggota keluarganya yang gila maka akan dibawa langsung ke rumah sakit jiwa.

Perempuan

jumlah angka perempuan di Rusia berbanding terbalik dengan jumlah angka pria nya, entahlah apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi namun berdasar dari fakta yang ditemukan memang benar adanya, coba kalo satu waktu nanti teman-teman bertandang ke Rusia lihat di kendaraan umum, halteu bus ataupun restoran bandingkan jumlah angka dan perempuan nya, kalo saya sendiri setiap melakukan hal tersebut pasti selalu lebih banyak perempuan apalagi kalo dihitung di toilet perempuan saya jamin seratus persen kalo jumlah nya perempuan semua (wahaaa ngekawak gan)

Kejutan itu bernama salju

pertama kali membeli tiket penerbangan ke Rusia saya langsung terbayang 'wah bakal liat salju nih pasti enak kalo berguling-guling diatas salju, perang bola salju atapun membuat boneka salju' dan begitupun pada saat sampai di Rusia saya pun tidak sabar untuk melihat nya. suatu hari dikala bangun tidur salju pun datang dan yang pertama kali yang terfikir adalah menjijikan itulah kalimat yang terfikir dikala melihat salju coba bayangkan diatas hamparan salju yang putih itu ada bekas lalu lalang manusia, polusi udara dan yang paling jorok adalah tempat pesing hingga pup nya binatang liar. pikiran tersebutlah yang akhirnya membatalkan saya untuk berguling-guling, perang bola salju ataupun membuat boneka salju. mungkin kalo kita lihat film di TV betapa bahagia nya anak-anak bermain diatas salju 'ya iyalah itu properti syuting pasti dibuat se steril mungkin'.

Budaya cebok

kalo sudah ee pasti kegiatan selanjutnya adalah cebok dan gak mungkin lekas tidur. di Rusia sendiri ada budaya cebok yang unik loh di Rusia dimana ketika cebok kita tidak menggunakan air tapi menggunakan tisu, ditoilet umum dan rumahan saya belum menemukan closed yang punya semprotan yang dikhusus kan untuk cebok, fakta yang saya temukan kenapa harus cebok menggunakan tisu itu cukup masuk akal 'Rusia itu negara dengan suhu udara yang dingin dan airnyapun super dingin dan berasa niat banget kalo semprotan khusus cebok pake air hangat, kamu mau cebok dengan air yang super dingin gimana kalo nanti pantat kamu membuka atau kapalan karena air yang dingin'. so jika suatu hari nanti kamu ke Rusia bawalah persedian tisu basah atau kering untuk kegiatan cebok mencebok.

orang Rusia gemar bekerja

bekerja adalah suatu upaya dimana kita melakukan kegiatan di satu perusahaan atau instasi yang bertujuan untuk menghasilkan uang guna menghidupi kebutuhan sehari-hari, ya iyalah masa menghasilkan tendangan jebred sambil jingkrak-jingkrak teriak 'ahayyyyy'. mengenai kenapa Rusia lebih maju dibanding Indonesia salah satunya adalah fakta yang berikut ini. seperti yang kita ketahui di Rusia khusus nya di kota-kota besar seperti di saint petersburg ataupun Moscow beberapa individunya bekerja di 2-3 perusahaan berbeda dan hal ini wajar karena biaya hidup di Moscow dan saint petersburg cukup mahal juga. di kota Tomsk yang biaya hidup nya lebih murah dibanding Moscow atau saint petersburg saya menemukan fakta lain jika sebagian penduduk nya bekerja diatas 9 jam (jam kerja normal di Indonesia) contoh nya seperti istri saya yang masuk kerja jam sembilan dan pulang jam sepuluh, ibu mertua saya yang masuk jam delapan dan pulang jam sepuluh atau teman istri saya yang bernama kristina yang bekerja dari jam tujuh sampai jam lima sore, kalo saya pribadi dikasih jam kerja seperti itu kayak nya harus punya tukang pijat pribadi hehehe.

minuman tradisional

pertama mendengar nama Rusia yang akrab ditelinga kita adalah vodka, vodka sendiri merupakan sejenis minuman keras yang membuat bang haji bilang 'sekarang ku tak mau tak'. minuman tradisional Rusia sendiri sebenarnya bukan vodka melainkan teh dan fakta ini pertama saya temukan ketika di atas pesawat saat itu ada orang Vietnam yang menegur saya dengan bahasa Rusia yang intinya 'hey ini Rusia jangan cuman pesan air mineral tapi pesan teh karena teh Rusia itu enak dan wangi' dan ketika berkumpul dengan keluarga maupun kawan-kawan selama di Rusia minuman yang wajib dan selalu ada adalah teh.
itu lah beberapa fakta yang saya temukan selama tinggal di Rusia, semoga suatu hari teman-teman punya waktu untuk pergi ke Rusia dan memberikan fakta-fakta lain tentang Rusia.


berjalan kaki tanpa mengenal usia


coba hitung ada berapa jumlah pria dan berapa jumlah wanita nya

para pekerja keras siap membasahi peluh demi memenuhi kebutuhan sehari-hari


Comments

  1. Mas boleh dong sharing soal kuliah di Rusia

    ReplyDelete
  2. di negara kita mau jalan kaki, panas gan... sdh gitu penuh debu n polusi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas aku mau nanya klo kelebhn nm ditiket pswt bs lolos gk ya spt nmnya mulia binti ali tpi ditiket nmnya mulia binti ali ali

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia