jet lag : bagaimana cara menghindari nya?

"apa itu Jet lag?"

menurut Mediskus

"jet lag adalah perasaan kelelahan dan kebingungan (confusion) setelah perjalanan udara yang panjang, sebagai akibat dari ketidakmampuan tubuh dalam menyesuaikan diri dengan zona waktu baru"  jadi besok-besok kalo pergi ke negara yang zona waktunya berbeda harap jangan pas lagi galau jangankan nahan jet lag nahan perasaan yang membuat aku hancur pun belum selesai, ah apa ini alay.

saya pribadi belum mengalami apa yang dinamakan dengan jet lag, nah jadi dari kasus tersebutlah saya kepikiran untuk membagikan tips yang sesuai pengalaman saya kepada teman-teman tentang bagaimana sih untuk menghindari jet lag, penting banget loh untuk menghindari yang namanya jet lag karena seperti info yang saya dapatkan dari kawan-kawan mengenai jet lag itu rasanya seperti berjalan tapi tidak menapak dan sakit kepala yang sakit tapi ada pusing-pusing nya kadang ada manis-manis nya gitu, jiahhh jadi iklan.

perbedaan waktu Irkutsk dan Moscow cukup tinggi yaitu 5 jam

Perbanyak tidur di atas pesawat

seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya mengenai perjalan solo travel ke Moscow , diatas pesawat saya duduk bareng bersama seorang pemuda berbadan kekar yang mengajak saya bicara tapi malu-malu cuman satu pertanyaan saya jawab dia diam, dia nanya saya jawab, saya diam dia teriak "bapak diam" hehehe emang sidang Jesica. jadi selama doi gak nanya saya lebih memilih untuk tidur apalagi perjalanan dari Irkutsk menuju Moscow ketika keadaan cuaca sedang terang-terang nya dan kalo buka jendela nanti silau jadi mending di tutup aja, gak ada kerjaan lain so saya memilih untuk tidur saja dibandingkan mikir jorok nanti bisa-bisa saya diem lama di toilet pesawat kan bahaya.

Banyakin juga minum

selain tidur aktivitas lain yang saya lakukan adalah memperbanyak minum tapi minuman yang saya maksud adalah air putih jangan pernah menyebutkan mineral water pada pramugari S7 nanti dikasihnya soda cukup aja bilang water pasti yang datang nya air putih. 


Jangan pernah melihat jam

sebelum pergi ke Rusia saya mencoba trik untuk tidak melihat jam selama perjalanan dan ternyata berhasil saya masa bodo dengan urusan jam selama di atas pesawat. alasan nya cukup sederhana karena kalo ingat jam pasti ingat waktu rumah dan saya pasti akan kaget dengan keadaan sambil membanding-bandingkan waktu antara Bandung dan Moscow.

so itulah beberapa tips saya dalam melakukan perjalanan untuk menghindari jet lag, semoga teman-teman sekalian tidak mengalami apa yang namanya jet lag dan tips yang saya bagikan semoga bisa membantu teman-teman yang menjalankan perjalanan ke destinasi yang memiliki perbedaan waktu. akhir kata saya ucapkan ditunggu ya oleh-oleh nya.



kalo udah ngalamin yang namanya Jet lag konon urusan nya panjang 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia