menjalankan ibadah puasa di luar negeri, kalo saya sih di Rusia

kalo teman-teman seorang muslim dan sekarang sedang memimpikan untuk tinggal di luar negeri entah itu untuk kepentingan bekerja, kuliah, menikah ataupun main ping-pong saya memberikan sedikit masukan untuk segara Googling dengan keyword "puasa dengan durasi terlama dan puasa dengan durasi tercepat" syukur-syukur kalo negara yang di idamkan oleh teman-teman merupakan negara dengan durasi puasa yang pendek dari Indonesia tapi kalo lebih panjang "horeeee kita temenan hehehe, di Tomsk, puasa nya 18 jam".

mari kita lupakan terkait urusan bentuk bumi bulat, datar ataupun kotak. inilah pengalaman puasa yang rasanya tidak bisa dibeli dengan harga berapapun dan saya anjurkan kepada teman-teman mencoba hal tersebut karena rasanya itu "coba dulu saja nanti juga tahu kok". rasanya sangat tidak biasa kalo biasa di Indonesia bulan puasa setiap saur selalu ramai dengan kreatifitas orang-orang membangunkan sahur, disini lain urusan nya malah alarm hp seperti hari biasa. di Indonesia setiap siang banyak pemandangan restoran yang ditutup gorden disini malah gak beda jauh kayak hari-hari biasa. di Indonesia setiap sore banyak yang menjajakan makanan ataupun minuman untuk berbuka puasa yah disini masih seperti hari biasa. di Indonesia setiap malam shalat Taraweh selalu khidmat dan meriah beda dengan disini malah seperti shalat di hari-hari biasa. pokok nya ramadhan di luar negeri itu seperti hari-hari biasa tapi godaan nya itu luar biasa.

coba bayangkan dan posisikan teman-teman sebagai diri saya sekarang, ketika keluar rumah kebetulan cuaca sedang panas dan berpapasan dengan wanita cantik, berpakaian minim sambil menyeruput ice cream sundae dari mekdi, perasaan dag dig dug, dilihat jangan gak dilihat sayang, mau mikir jorok batal dong puasanya nah loh mikirin cewek nya apa ice cream sundae nya. pokoknya ngedadak kangen berita penggerebekan rumah makan gitu deh.

bersyukurlah kalo teman-teman sekarang tinggal di Indonesia dengan durasi waktu puasa yang dibilang cukup pendek jika dibandingkan dengan beberapa kota dengan durasi waktu puasa terlama dari ke lima benua ini yang saya kutip dari Aljazeera :

- Reykjavik, Islandia 21 jam (Eropa)
- Ottawa, Canada 18 jam (Amerika)
- Abuja, Nigeria 14 jam (Afrika)
- Wellington, Selandia Baru 12 jam (Australia)
- Astana, Kazakstan 19 jam (Asia tengah)
- Teheran, Iran 17jam (timur tengah)

di kota Bandung, Indonesia untuk waktu puasa durasinya tidak lebih atau kurang dari 13 jam namun pada kenyataan nya saya sebagai warga kota Bandung jika bulan puasa sangat lekat dengan kalimat "godin" atau makan sebelum waktunya berbuka tiba, sebagai negara yang memiliki durasi puasa yang bisa dibilang cukup sebentar seharusnya kita bersyukur, coba lihat sebagian dari warga Islandia yang waktu berbuka puasa nya saja harus numpang di kota Madinah atau Mekkah selain dari itu rasa bulan Rammadhan yang seperti hari biasa berikut dengan godaan nya yang penuh, rasanya jika kita masih menjalankan budaya "godin" di Indonesia kita wajib malu dengan saudara kita yang ada di sebrang sana (asek ceramah versi Ramadhan nih padahal sendiri nya dulu seorang tersangka praktek godin hehehe).

baiklah kalo begitu selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman semua baik yang sedang tinggal di luar negeri maupun di Indonesia, buat yang di luar negeri jangan lupa untuk mudik karena saya tahu kalo gak ada yang ngasih THR di negara tempat mu bekerja ya hehehe (bercanda deng) dan untuk kamu yang di Indonesia bersyukurlah karena teman-teman tinggal di negara yang ramah dengan bulan Ramadhan. so ditunggu THR nya ya.

Comments

  1. Masih nggak kebayang puasa selama itu, apalagi yang sampe 21 jam.. udah kayak puasa jaman dulu aja.. >.<

    Masih di Rusia kah, Bro?

    ReplyDelete
  2. pengalaman yang keren pastinya ya kak. kalau boleh tahu ke sana dapet beasiswa atau gimana kak ? :v maaf kepo

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia