moda transportasi di Rusia : namanya Marshrutka tapi sebut saja mereka Angkot

"di Rusia ada gojek gak ya?"
"jangan kan gojek, angkot juga ada"
"hah serius?"
"ehhh mana saya tahu emang saya pernah ke Rusia"
"ohhhh maaf saya lupa kalo saya pelupa hehehe"

menginjakan kaki di Rusia berarti teman-teman sudah siap menggilas yang namanya moda transportasi. menggunakan moda transportasi di Rusia sudah berarti kita siap untuk jalan kaki dengan jarak yang cukup jauh kemana-mana dan untuk teman-teman yang perempuan jangan menggunakan Wedges dan untuk teman-teman yang laki-laki kalo maksa mau pake Wedges silahkan lah terserah kamu pokok nya. moda transportasi di Rusia itu ada banyak mulai dari Tramvai, Metro, Bus, Kereta, taxi dan yang menjadi favorit saya adalah Marshrutka.

untuk Tramvai saya sendiri kurang suka karena berisik, apalagi Tramvai yang sudah uzur usianya terkadang suka ada celah bolong pada body nya ngebikin keadaan di dalam jadi dingin, jangkauan nya yang tidak begitu luas. nah saran saya untuk teman-teman kalo mau naik Tramvai gunakanlah Tramvai yang terlihat agak sehat dan modern karena didalam nya tidak akan terlalu dingin ataupun berisik. ongkos nya pun tidak terlalu mahal dan kalo mau bayar bisa langsung bayar ke kondektur nya, biasanya kondektur nya perempuan loh.

untuk Metro hanya terdapat di kota besar macam Moscow ataupun Saint Petersburg saya sendiri kurang suka dengan Metro karena peminat nya amat begitu banyak, kalo tidak kebagian kursi kita harus berdiri berdesakan dengan penumpang lain menahan kecepatan kereta yang edan banget dan keluar pintu kereta dengan penuh perjuangan harus berdesak-desakan. 

untuk taxi kalo teman-teman merupakan seorang mahasiswa atau cuman melancong untuk travelling dengan budget idealis saya sarankan jangan keluar sampai jam 10 malam karena kendaraan umum akan berhenti beroperasi dan otomatis yang tetap beroperasi hanyalah taxi saja. harga ongkos Taxi seperti umumnya di Indonesia cukup mahal begitupun dengan di Rusia. enggak perlu khawatir masalah mencari taxi di Rusia sama juga kok ada penyedia layanan taxi online seperti di Indonesia.

untuk Kereta biasanya digunakan untuk jarak jauh seperti antar provinsi sampai dengan antar benua seperti Trans Siberian, untuk kereta sendiri pengalaman saya adalah menggunakan Aero Express dari bandara Domodedovo ke kota Moscow, rasanya cukup nyaman walau dengan harga yang Moscow banget.  

"kenapa yang menjadi favorit adalah Marshrutka?"

- Marshrutka memiliki bentuk yang unik seperti bus namun agak gemuk dan lebih pendek dibandingkan dengan bus.
- kita bisa berbaur dengan penumpang lain.
- ongkos yang tidak terlalu mahal, perjalanan jauh pun gak bakal makan ongkos sampai dengan 100 rubel.
- memiliki nilai kenyamanan yang bagus, kursinya empuk dan musik yang diputar dari radio loh mirip kayak abang-abang di Indonesia gitu.
- jangkauan yang luas, meski hanya menyambar jalan besar tapi jangkauan si Marshrutka ini luas banget loh dan jumlah nya begitu banyak.
- tidak sulit untuk dicari, cukup berdiri saja di tanda pemberhentian bus atau halteu maka si Marshrutka akan datang nyamperin temen-temen.

"Marshrutka memiliki beberapa keunikan juga loh yang tentunya tidak ada di Indonesia"

- punya dua pintu depan belakang dan keduanya pintu otomatis.
- dilarang ngopi, merokok, main judi apalagi ngerjain skripsi.
- naik gratis turun bayar, jangan bayar dadakan, bayar nya sebelum turun di halteu tujuan teman-teman jadi gak perlu mengucapkan "kiri!!!".
- kondekturnya perempuan dan terkadang tanpa kondektur jadi sopir yang mandiri melayani penumpang.
- sebelum si Marshrutka berhenti di halteu akan ada pengumuman yang bunyinya "Astanovka bla bla bla"
- kalo teman-teman duduk di belakang dan keadaan sedang penuh tinggal oper saja uang ke penumpang lain sebutkan di halteu mana teman-teman naik, nanti mereka akan mengoper uang tersebut ke sopir/kondektur selanjutnya untuk uang kembalian pun begitu mereka akan mengoper nya pada teman-teman.
- ada banyak poster ataupun stiker iklan yang terpampang didalam Marshrutka, entah apa estetika nya pokoknya apa yang mau si sopir tempel ya tempel saja hehehe.
- semua warna dari Marshrutka itu sama yaitu warna putih, untuk membedakan jurusan nya terdapat pada nomor si Marshrutka itu sendiri yang terpampang di depan kaca mirip kayak angkot gitu lah.

dan ada fakta lainya loh dari si Marshrutka ini, nah berikut ini yang pernah saya temui

- semua penduduk Rusia pasti pernah merasakan gratis naik Marshrutka, hal tersebut betul karena kalo gak salah bagi anak dibawah usia 14 tahun, ongkos nya itu gratis loh.
- pegawai negeri dan pensiunan juga sama gratis ongkos.
- saat keadaan sedang penuh jangan mudah memberikan kursi kepada perempuan, karena jumlah perempuan di Rusia lebih banyak ketimbang pria, begitupun saat di Marshrutka. so jadi lebih baik berikan saja kursi teman-teman kepada penyandang disabillitas, orang tua, ataupun anak-anak. kalo cewek yang masih kuat berdiri gak usah lah bisa-bisa selama perjalanan teman-teman beridiri terus.
- Marshrutka ini sitemnya sopir setoran ke juragan, tapi si sopir gak pernah ngelakuin yang namanya ngetem dan penumpang tetap ok-ok aja selalu penuh tuh.

bagaimana mirip banget sama angkot kan si Marshrutka ini, silahkan berikan komentar teman-teman bagi yang punya pengalaman naik Marshrutka ini. saya sendiri tiap kali Marshrutka suka diliatin sama penumpang lain mungkin karena fisik saya yang bukan etnis populer di Rusia sehingga mereka merasa aneh, atau karena saya ganteng? saya kira itu salah hehehe.


nah ini dia penampakan si Marshrutka



tuh ada banyak tempelan nya, segini masih kurang banyak

naik nya tertib


angka 29 adalah jurusan dari si Marshrutka tersebut

nah ini yang disebut dengan Tramvai



Comments

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia