penerbangan dengan S7

          Siberian Airlines atau yang biasa dikenal dengan singkatan S7 yang bermarkas di Novosibirsk, merupakan salah satu maskapai penerbangan Rusia yang terkenal setelah Aeroflot Airlines, S7 digemari oleh sebagian masyarakat Rusia karena harganya yang cukup murah dibandingkan dengan Aeroflot. Warna khas pesawat nya adalah warna hijau dengan strip merah dalam setiap penerbangan nya memiliki dua type yaitu eknomi dan bisnis. Kelas ekonomi kursi nya lebih besar dan hanya terdiri dari 6 kursi saja yang terpisah diantara tirai dan untuk kelas ekonomi ya kamu tahu sendiri lah seperti apa. Perlu di ingat S7 penerbangan nya belum sampai ke Indonesia atau sebalik nya mulai terbang dari Indonesia. Saya sendiri ketika pemberangkatan menuju ke Rusia menggunakan S7 start point dari Suvarnabhumi, Bangkok (Thailand).

            Harga tidak akan menipu pembeli, begitu pun dengan S7 tidak seperti penerbangan lain nya yang memberikan harga ratusan ribu sedangkan diatas pesawat hanya untuk makan ataupun minum kita harus order atau kalo sedang tidak punya uang terpaksa harus puasa. S7 memang harganya beda jauh mahal dengan Lion (yang hobinya delay) ataupun Air Asia tapi dengan S7 untuk pertama kali nya saya mendapatkan full service oleh maskapai penerbangan, service nya antara lain ; selimut gratis selama penerbangan, makanan (saya tidak tahu halal tidak nya yang jelas saya setiap ditawari selalu meminta chicken atau sayuran), minuman dan obat-obatan. Dan yang paling saya tunggu tentunya adalah makanan karena makanan yang disajikan cukup komplit mulai dari sides, desert sampai dengan makanan pokok mereka sajikan, perlu di ingat untuk minuman S7 tidak menyediakan alcohol hanya the, soda, air mineral, kopi dan jus. jangan dilupakan juga kalo S7 juga memberikan gratis Koran dalam setiap penerbangan nya tapi sayang saya tidak ambil karena ditulis dengan bahasa Rusia.

            Ada setiap cerita menarik yang sama pada saat melakukan penerbangan menggunakan S7 menuju ke Rusia “orang Rusia yang bandel” dasarnya penerbangan harga miring penumpang pun datang dari beberapa kelas ekonomi yang berbeda ya attitude nya pun beragam, ada yang tetap menggunakan sinyal handphone selama penerbangan, mabuk sebelum terbang, berdiri pada saat akan landing, ke wc ramai-ramai sampai dengan suasana pesawat yang berisik seperti di pasar. Ada satu budaya yang unik juga pada saat penerbangan dengan menggunakan S7, orang Rusia selalu bertepuk tangan ketika landing mungkin ini artinya adalah “rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada pilot yang telah memberikan penerbangan yang terbaik”.

            Tidak perlu khawatir untuk masalah bagasi dengan menggunakan penerbangan S7 saya pribadi menggunakan tas carrier yang penting beratnya jangan lebih dari 10 kg ya  untuk masalah besaran nya pun yang wajar juga lah tapi santai beberapa dari penumpang lain ada yang membawa koper ke cabin pesawat. Jangan tertawa juga ketika pilot sedang berbicara kepada penumpangan karena ada hal yang unik “ketika pilot mengatakan beberapa kalimat dengan menggunakan bahasa Rusia terdengar intonasi yang merdu dengan struktur kalimat yang jelas enak di kuping tapi ketika beralih menggunakan bahasa Inggris pudarlah semua itu seperti mendengar vokalis band death metal bernyanyi” maklum bahasa inggris  cukup sulit bagi orang Rusia dan begitupun sebaliknya bagi kita yang tidak berbicara baha Rusia akan sama lucu nya ketika menggunakan bahasa Rusia.


            Jangan pernah mengatakan “mineral watter” kepada pramugari jika maksud teman-teman adalah air mineral karena mereka akan meberikan soda kepada teman-teman entah bagaimana sejarah nya bisa begitu, untuk meminta air mineral cukup katakana saja “water” begitupun ketika sudah mendarat di Rusia. Pokoknya S7 memang juara selain service nya yang komplit pesawat nya pun top gak berisik ditelinga dan gak bikin deg-deg an di bokong cuman sayang belum pernah saya dapat maskapai yang bikin tenang hidung, AC nya itu loh bikin hidung perih sampai iritasi berdarah, “ada yang pernah punya pengalaman seperti itu?”.

Comments

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia