tips pertama kali ke luar negeri : gak usah kalap apalagi kampungan

suatu hari ditahun 2015

"wah kita mau ke Phuket nih, kayak nya kita gak bakal kehabisan stock DP selama setahun pasti bakal full moment di Phuket" seloroh Galih dengan penuh gegap gempita

lalu apakah setelah nya stock DP yang kita muat di Black Berry Messengger, Facebook ataupun Twitter (waktu itu ketiga aplikasi inilah yang merajarela) selama satu tahun full dengan moment di Phuket? jawaban nya adalah tidak, karena bagi saya pribadi  tidak menemukan photo yang bagus. setali tiga uang sepakat tidak sepakat entah kenapa pasti pengalaman orang Indonesia ke luar negeri adalah ke negara asia tenggara dan begitupun dengan saya yang memiliki pengalaman pertama ke luar negeri saya adalah ke Phuket, Thailand. negara Asia tenggara memiliki nilai lain untuk dikunjungi oleh orang Indonesia antara lain ; bahasa yang tidak jauh berbeda, potensi kasus rasis yang rendah, penerbangan yang murah dan biaya hidup yang tidak terlalu mahal.

ada banyak tips untuk kamu yang baru pertama kalinya akan melakukan perjalanan pertama ke luar negeri, lalu apa saja tips nya tenang jangan khawatir akan saya bagikan cuma-cuma untuk teman-teman (sok sok an bikin tips ke luar negeri kayak yang udah pernah  keliling dunia aja) yang tentunya sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami.

Bikin pasport

mau pergi ke luar negeri tapi gak punya pasport wahhhh mending bikin dulu pasport atau mending pergi ke Melongasih aja yang free pasport maupun visa. masalah bikin pasport gampang kok gak usah kalap jangan seperti pengalaman saya dan si Tian pas bikin pasport udah kayak kantor sendiri aja datang nya jam 12 gak kebagian quota (dalam satu hari diberikan quota untuk 100 orang) terus pake acara nanya kebagian informasi mengenai pasport eh malah dimarahin dengan dalih dokumen negara "kalo ke luar negeri nya bukan sekarang-sekarang mending gak usah bikin pasport dulu, ini dokumen negara banyak yang butuh pasport".

setiap belanja mengkonversikan mata uang 

jujur saya pribadi ketika pergi ke Phuket sangat tidak menikmati segala hal yang berbau perbelanjaan, kesalahan sendiri juga sih yaitu mengkonversikan mata uang setiap melakukan transaksi sebagai contoh, membeli nasi goreng di restoran India harganya kalo di Rupiahkan tiga puluh lima ribu dan setelah nya kita ngedumel karena nasi goreng dengan harga tiga puluh lima ribu rupiah itu mahal sekali. yang terpenting adalah tahu berapa angka uang yang kita bawa dan berbelanja lah selayaknya kita di Indonesia gak perlu kerajinan di konversikan segala.

Tukar uang dimana?
tukar uang di Indonesia atau diluar negeri? untuk masalah yang satu ini saran saya lebih baik menukarkan uang yang kita bawa di Indonesia cari mana tempat penukaran uang yang harganya murah, jangan sampai pengalaman yang saya alami terjadi sama teman-teman dimana menukarkan pecahan Rupiah ke Baht setengah di Indonesia dan setengah di Thailand yang pada akhirnya harga nilai tukar Rupiah di Phuket tidak ada yang renyah semuanya pada rendah yang membuat kita harus cape lagi untuk nyari tempat penukaran uang di Phuket keliling sana sini gak ada tempat penukaran yang bagus kan cape buang-buang energi. kalo mau tukar di luar negeri mending bawanya Dollar saja.

Jangan pernah mengambil uang di ATM

kalo teman-teman punya jiwa ibu-ibu jangan pernah melakukan penarikan uang dari ATM ketika di luar negeri karena potongan nya gede banget, di Phuket sendiri saya ngambil uang kalo di rupiahkan niat nya narik seratus ribu eh dapet nya malah tiga puluh ribu.

Berbagi rokok

khusus untuk teman-teman yang merokok jangan pernah lakukan ini, alih-alih cinta produk lokal malah menghabiskan persediaan rokok yang kita bawa. Indonesia adalah surga nya perokok selain area tempat merokok yang banyak juga harganya murah nah di luar negeri sana rokok itu mahal. salah satu contoh nya adalah salah satu kawan saya yang berangkat ke Amterdam, Belanda doi membagikan rokok kretek khas Indonesia kepada warga lokal sana persediaan untuk dua minggu habis hanya dalam tiga hari karena tiap niat doi membagikan rokok pada satu orangeh malah banyak orang yang mau hal tersebut terjadi karena harga rokok khusus nya di Amsterdam, Belanda cukup mahal bahkan lebih murah ganja dibandingkan rokok.

Jangan terlalu menanggapi oleh-oleh

satu budaya yang paling saya benci adalah oleh-oleh, uang habis untuk perjalanan ke luar negeri ehhh orang dilingkungan kita malah sibuk minta oleh-oleh memang budaya yang baik sih tapi yang namanya oleh-oleh itu harus sesuai dengan kantong kita juga. kalo punya uang banyak sih syukur tapi kalo belum mencukupi lebih baik gak usah dan kalopun punya uang banyak jangan terlalu berlebihan karena kita bagasi ada batasan kiloan nya kalo lebih harus bayar lagi tapi kalo masih tetep ngotot punya uang ya terserah deh. saran saya untuk masalah oleh-oleh jangan beli yang cair-cairan cukup aja dengan uang koin negara yang kita kunjungi, hal ini saya terapkan waktu ke Phuket dan banyak kawan-kawan yang seneng lumayan untuk koleksi katanya. ingat baju bisa sobek, makanan bisa habis, souvenir bisa rusak tapi uang receh dari luar negeri gak bisa ditukarkan silahkan coba saja saya jamin pasti diusir sama satpam, hehehe.

Pergi dengan yang bahasa Inggris nya kurang

waktu ke Phuket saya pergi dengan Galih, Tian dan Nanda (kenapa juga namanya harus disebutin emang mereka orang terkenal) dari ketiga nama tadi yang bahasa inggris nya lumayan cuman Nanda dan itupun lebih banyak jadi listener dibandingkan jadi speaker. "akhirnya sampai juga di Phuket sekarang untuk urusan bicara pokok nya kita serahkan semua nya sama kamu" kamu adalah saya dan saya adalah Mochamad Andri Suryadi (gila nih orang mata kuliah bahasa Inggris nya C aja gayanya udah kayak tour guide), ketiga kawan-kawan saya tadi menyerahkan urusan komunikasi kepada saya karena ketiganya kurang fasih berbahasa Inggris dan tahukah kamu rasanya gak nyaman banget minta photo ke bule saya yang bilang, tawar menawar harga saya yang bilang, sampai-sampai mau ke wc umum aja harus saya bilang.

itulah beberapa tips bagi teman-teman yang baru pertama kali ke luar negeri semoga perjalanan nya enjoy dan tips yang saya share membantu sebenernya masih ada tips lain sih tapi saya lupa lagi mau nulis apa jadi segitu dulu aja ya, kalo inget nanti saya tambahin lagi. jangan lupa oleh-oleh nya ya.




udah kayak Leonardo D'caprio di film The Beach belum?

Comments

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia