apa saja barang yang penting untuk dibawa ketika travelling ke luar negeri

"ndri kamu bawa apa aja sih pas travelling ke luar negeri?"
"ah yang perlu aja"
"iya tahu yang perlu tapi aja jangan bikin bingung deh"
"nah sekarang saya yang nanya itu dalem kolor bawa apa aja"
"hmmmh mulai mengalihkan pembicaraan deh"

kalo sebelumnya kita membahas barang yang gak penting untuk dibawa tapi bernilai penting, mari kita membahas yang penting penting saja. ada yang bertanya nih mengenai barang apa saja yang harus di bawa kalo travelling ke luar negeri, sebenarnya kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung dari selera dan tentunya kebutuhan yang diperlukan. so ini dia barang yang biasa saya bawa ketika travelling terutama ketika ke luar negeri.

1. pasport

karena udah gede dan tanpa perlu dijelaskan lagi mungkin udah paham ya kenapa harus bawa pasport hehehe

2. pakaian ganti

kalo punya uang banyak boleh lah pergi hanya dengan pakaian yang melekat pada tubuh terus nanti di sebrang sana beli lagi pakaian yang baru, tapi kalo gak punya banyak uang dan nekat terserah lah hehehe.

3. obat-obatan pribadi

ini perlu banget nih untuk dibawa kalo kumat bisa berabe nih, coba bayangkan ketika teman-teman kena penyakit asma terus kumat mau beli ke apotek bingung nyebutin nya terus pake bahasa tarzan malah dapet sakit hati karena mereka kebingungan dan mentertawakan teman-teman hehehe.

4. P3K

ini juga perlu karena aktivitas kita berada di luar ruangan terutama untuk kamu yang akan menyusuri pepantaian yang banyak karang nya bisa-bisa puasa pake sendal ataupun sepatu, tidak perlu membawa yang ukuran besar cukuplah yang sedang namun berbobot sedia seperti kain kasa, kapas, obat merah, revanol dll.

5. Tumbler

tumbler, botol minum, botol bekas, atau plastik bening apalah itu pokoknya wadah untuk menyimpan minuman, ini sangat diperlukan demi menghemat cos jalan-jalan juga, syukur-syukur kalo banyak uang tapi ibu-ibu sosialita sekalian perlu diketahui ya kalo di luar negeri itu air nya bisa langsung diminum jadi lebih baik bawa tumbler dan isi ulang air mineral di wc umum dari pada harus pergi untuk membeli air ke toko. kalopun mau bawa begitu memasuki ruang imigrasi saran dari saya kosongkan dulu isinya karena tidak boleh bawa benda cair ke pesawat.

6. Rokok dibawah 200 batang

kalo mau bawa rokok bawalah dibawah 200 batang jangan terlalu banyak kayak yang mau buka warung nanti bisa-bisa rugi di razia petuga karena peraturan internasional persoalan "tembakau" atau yang kita kenal dengan sebutan rokok minimal bawa adalah 200 batang.

7. buku

bebas genre tapi jangan terlalu berat dan jangan terlalu banyak, secara perjalanan ke luar negeri ada acara transit, menunggu pesawat dan belum lagi hal-hal lain yang berkaitan dengan menunggu, kalo handphone lowbet ketimbang ngelamun jorok mending baca buku aja lumayan untuk menambah ilmu pengetahuan.

8. cemilan

komat kamit baca buku bikin lidah jadi asem coba juga dibarengi sambil makan cemilan biar lebih enak, gak usah terlalu banyak yang penting mewakili lidah teman-teman saja.

nah itu dia beberapa barang yang biasa saya bawa ketika travelling ke luar negeri nanti kalo inget tak tambahin lagi materi nya hehehe. selamat melakukan perjalanan dan ditunggu oleh-oleh nya.


ini bawaanku mana bawaan mu


Comments

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia