catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya

Memang agak membosankan melakukan perjalanan ke Russia ini. bukan karena kota nya yang itu-itu saja atau karena sudah tiga kali saya melakukan perjalanan dari Indonesia menuju Russia. Namun saya dan istri secara jujur memang sudah lelah diambang kondisi LDR yang memakan banyak rindu dan biaya ini.

Bandung, 27 Agustus 2018. saya memulai perjalanan saya menuju kota Tomsk. akan menjadi sebuah perjalanan yang panjang sekali. Bandung-Soekarno Hatta memakan durasi waktu perjalanan selama 5 jam, Soekarno Hatta-Bangkok memakan durasi waktu selama 5 jam, belum lagi ditambah perjalanan pindah bandara dari bandara Don Mueang ke bandara suvarnabhumi Bangkok. yang pada saat itu saya turun dalam keadaan maghrib dimana semua orang pulang bekerja dan membuat jalanan menjadi macet.

Setelah tiba di bandara suvarnabhumi perjuangan belum berakhir, karena saya harus bersabar menunggu penerbangan alias transit dengan durasi waktu selama 18 jam. coba bayangkan 18 jam dengan koneksi wifi yang terbatas, uang yang seadanya, kondisi tubuh yang sudah mulai lelah dan bingung untuk tidur dimana, bagaimana perasaan saya pada saat itu. exactly sudah jelas lelah, lelah dan lelah.

Pagi pun datang, tepat pada pukul 09:00 waktu setempat saya langsung mulai check in, masuk ruang imigrasi dan voila penantian selama 18 jam transit pun berakhir sudah, karena saya tinggal menunggu penerbangan menuju kota Novosibirsk, Russia. penerbangan seperti biasa menggunakan maskapai S7, sama seperti sebelum nya tentang review saya menggunakan penerbangan dengan S& bisa dilihat disini.

Saya tiba di kota Novosibirsk, Russia pada pukul 19:00, karena sedang memasuki musim semi maka cuaca pada malam itu masih sangat cerah alias matahari masih berada diatas langit. ketika memasuki ruang imigrasi saya dibuat kaget oleh petugas yang memeriksa pasport saya, bagaimana tidak, steleha dua kali kedatangan saya ke Russia, yang selalu disambut tidak ramah oleh [etugas imigrasi. kali ini saya langsung ditawari senyum oleh nya dan pada saat hari tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun saya (28 agutus) sang petugas mengucapkan "с днем рождения" yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah "selamat ulang tahun".

Selesai dari pintu imigrasi, akhir nya setelah 6 bulan terpisah saya dipertemukan lagi dengan istri saya yang cantik. namun sayang tidak seromantis sebelum nya istri saya menyambut saya dengan cemberut. karena kami memang sedang stress dan deg deg an untuk urusan izin tinggal (RVP) yang memakan banyak waktu, energi dan uang tentu nya.

karena waktu yang dirasa sudah malam dan terlalu larut malam jika langsung melenggang menuju kota Tomsk, maka pada saat itu kami memutuskan untuk menginap di rumah teman istri saya Anastasia yang kebetulan bertempat di kota Novosibirsk. malam itu kami habiskan dengan melahap hidangan yang disajakin oleh Anastasia dan suami nya yang juga bekerja sebagai tukang parkir (parkir disini adalah parkir pesawat ya bukan parkir yang itu hehehehe).

Siang hari nya kami langsung pergi menuju kota Tomsk, kota tujuan terkahir dimana kami tinggal. dari Novosibirsk menuju kota Tomsk kami melakukan perjalanan lewat darat dengan menggunakan aplikasi "blablacar" sebuah peramban aplikasi tumpangan transportasi online gitu. harga nya tidak terlalu mahal hanya 1.500 Rubell saja atau setara dengan 450.000. durasi perjalanan kami tempuh dengan durasi selama 5 jam. perjalanan yang sungguh melelahkan karena kondisi tubuh yang sudah lelah, tanpa sarapan, tidak minum saat perjalanan dan ahhhhh kalo dipikir-pikir ngeri juga pada saat itu hehehe.

Kami tiba di kota Tomsk pada pukul 18:00 waktu setempat, kerinduan saya akan kota kecil ini terbayarkan sudah. bangunan yang sederhana, lalu lalang orang yang santai dengan pakaian yang maskulin namun tetap modis, deretan pasar kaget yang tidak serecok di Bandung, Marshutka yang berlalu lalang dan tentu nya masakan mertua saya membuat kerinduan saya akan kota Tomsk telah terselesaikan.

1. This comment has been removed by the author.

2. Привет !
    Sangat bermanfaat bang, kalo bisa post lebih banyak lagi tentang Tomsk bang hehe,
    Akhir september saya rencana akan study ke Tomsk, bolehkah saya meminta no kontak mu bang ?

1. wah mahasiswa baru nih hehehe. boleh silahkan ig saya di luckasxolsen ya thanks

3. This comment has been removed by the author.