Ketika Shalat Jumat di Tomsk, Russia

Hari Jumat pun datang, sebagai seorang laki-laki yang beragama Islam maka wajib hukum nya pergi ke masjid, untuk melaksanakan shalat jumat. kalo waktu kecil suka ditakut-takutin tetangga "kalo kamu enggak shalat jumat nanti di kutuk sama Allah jadi monyet loh".

Masjid putih adalah satu-satu nya masjid yang digunakan oleh masyarakat muslim Tomsk untuk melaksanakan shalat jumat. sebenar nya di kota ini ada dua masjid ; Masjid Merah dan Masjid Putih. namun entah kenapa ketika pelaksanaan shalat jumat dipusatkan di Masjid Putih, dan sementara itu Masjid Merah ditutup.

Jarak rumah tempat saya tinggal dengan Masjid lumayan cukup jauh juga, saya harus menaiki dua Marshutka nomor 27 dan 400 (nama trayek jurusan). perjalanan kurang lebih memakan waktu selama 30 menit lama nya. 






Masjid putih Tomsk bangunan nya memiliki dua lantai, lantai bawah digunakan untuk aktivitas perempuan dan kantor imam Masjid, kemudian lantai atas digunakan untuk jemaat laki-laki. bangunan nya cukup besar namun tetap saja masih dirasa cukup sempit dengan jemaat yang datang pada saat melaksanakan shalat jumat.

Walau pada bagian belakang masjid di sediakan tempat penyimpanan jaket, namun karena keterbatasan nya pada sudut-sudut tembok dan pada jendela masjid sering digunakan oleh para jemaat untuk menyimpan jaket, terlebih pada saat memasuki musim dingin para jemaat yang datang dan termasuk saya pribadi sudah barang tentu menggunakan jaket yang tebal. pada bagian tembok tengah  masjid juga, di sediakan kursi untuk jemaat yang termasuk pada golongan lansia. terdapat sepuluh kursi yang bisa digunakan untuk para lansia.

Jika kamu kebetulan punya berkesempatan untuk shalat jumat di kota Tomsk, saya sarankan untuk mengambil wudlu dari rumah. karena berwudlu disini, bisa dibilang agak ribet dengan di Indonesia pada umum nya. tempat wudlu yang berada pada gedung lain di sekitaran laman masjid, membuka sepatu, menggunakan sandal yang disediakan, putar-memutar keran mengkombinasikan air panas dan dingin, berwudlu, mengeringkan kaki dengan tisu, memakai sepatu kembali dan jangan lupa simpan  sendal yang kamu gunakan pada rak nya kembali .

Masjid ini ketika shalat jumat tidak pernah sepi dari jemaat yang datang. ada kala nya ketika imam masjid sedang berceramah, orang-orang yang berada di belakang sering berteriak kepada jemaat yang berada di depan, agar maju lebih depan lagi karena orang-orang yang berada dibelakang tidak kebagian tempat dan hanya bisa berdiri.

Pelaksanaan nya dengan di Indonesia cukup berbeda. saya pribadi jika di Indonesia biasanya imam akan berceramah, selesai imam berceramah shalat jumat pun dilaksanakan, disambung dengan doa imam dan selesai kita bisa pulang. lain hal nya dengan pelaksanaan shalat jumat di Tomsk ini. imam akan berceramah dengan menggunakan bahasa Russia, selesai berceramah para jemaat dipersilahkan untuk melaksanakan shalat sunat kobla Dzuhur, imam kembali berceramah namun pada ceramah kedua imam lebih banyak membacakan doa, selesai berceramah disambung dengan shalat jumat, namun ketika shalat jumat selesai, dengan serentak semua jemaat akan berdiri tegak untuk masing-masing melaksanakan shalat qobla Dzuhur.

Ada yang cukup menarik ketika para jemaat selesai melaksanakan shalat qobla Dzuhur, biasanya para jemaat yang sedang mengejar waktu akan segera bergegas untuk keluar dari masjid. namun ketika imam membacakan doa seperti yang pernah saya saksikan, mereka akan mengangkat kedua tangan nya seraya berdoa, mengucap amin seakan tidak mau kelewatan moment tersebut.

Selesai doa biasanya para jemaat akan saling bersalaman, ada hal yang menarik bukan hanya bersalaman sambil mengucapkan Assalamualaikum kepada satu sama lain, biasa nya para jemaat akan saling berpelukan yang menjadi pertanda "kamu muslim dan kamu adalah saudara saya".


Comments

Popular posts from this blog

kesalahan penulisan nama pada tiket pesawat

catatan perjalanan saya menuju Russia untuk ketiga kali nya